Tips Amankan Uang Saat Perjalanan Mudik

Tips Amankan Uang Saat Perjalanan Mudik

44
SHARE


Membawa banyak uang saat mudik tentunya berisiko. Selain kecurian, kamu bisa kelupaan atau salah menaruh dompet saking repotnya kamu di jalan. Untuk menghindari berbagai masalah ini, berikut beberapa masukan singkat tentang bagaimana menjaga keamanan dompetmu, seperti dikutip dari viva.co.id

 

1. Pisahkan uang perjalanan

Sebelum berangkat, hitung seberapa banyak uang yang kamu akan butuhkan selama perjalanan, termasuk biaya tol dan makan di rest area. Lalu, taruhlah uang secukupnya di dompet kecil yang kamu akan keluarkan selama perjalanan. Kalau perlu, taruh saja satu kartu debit atau kredit di dalamnya meskipun kamu mungkin memiliki lainnya.

Sisa uang dan kartu pembayaranmu disimpan dengan aman dalam dompet lain yang kamu taruh di koper atau tas kecil yang bisa dikunci. Kamu baru mengeluarkan dompet ini ketika tiba dengan aman di kampung halaman.

 

2. Gunakan kartu top­ up

Selain kartu debit dan kredit, bank kini menyediakan kartu yang bisa kamu top up, biasanya hingga Rp1juta. Kamu bisa menggunakan kartu ini untuk bertransaksi selama perjalanan. Karena, keuntungannya adalah jika hilang, kartu ini tidak bisa digunakan orang untuk menarik uang dari rekeningmu. Pastikan bahwa kamu mengisi kartu ini secukupnya saja.

 

3. Daftar SMS banking

Daftar layanan SMS banking di bank kamu. Enaknya terdaftar di layanan SMS banking adalah kamu akan langsung dikirimkan pesan dari bank jika terjadi pendebetan atau penarikan uang di rekeningmu. Jadi, jika ada transaksi yang mencurigakan, kamu akan langsung tahu dan bisa menelepon bankmu.

 

4. Daftar mobile banking

Selain SMS banking, aktifkan layanan mobile banking di ponselmu. Jika kamu ingin memberi uang ke saudara di kampung halaman, kamu tinggal mentransfer uang lewat layanan mobile banking. Ini akan mengurangi perlunya membawa banyak uang tunai atau mampir ke ATM untuk menarik banyak uang.

 

5. Transfer uang

Sebisa mungkin, gunakan fasilitas transfer ketika ingin memberi uang ke saudara­-saudaramu. Kamu bahkan bisa mentransfer uang beberapa hari sebelum pergi mudik. Mentransfer uang jauh lebih aman daripada harus membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

 

6. Simpan nomor hotline bank

Simpan nomor telepon customer service bank kamu di daftar kontak dalam ponsel sebelum berpergian. Jadi, jika terjadi sesuatu dengan kartu debit atau kredit, kamu bisa langsung menelepon customer service, yang biasanya tersedia 24­ jam, untuk meminta bantuan, seperti pemblokiran.

 

7. Cek dan cek lagi

Jika kamu sampai menarik uang di ATM saat dalam perjalanan, selalu pastikan bahwa kamu menggunakan ATM di tempat yang terang dan tidak terpencil. Mintalah pasanganmu untuk menjaga pintu masuk selama kamu menarik uang. Lalu, cek bahwa kamu sudah menarik, baik uang dan kartu dari mesin ATM sebelum kamu kembali jalan.

 

Republished by Blog Post Promoter

Semoga artikel tentang Tips Amankan Uang Saat Perjalanan Mudik ini dapat memberikan manfaat ataupun menambah wawasan anda.

Terima kasih sudah berkunjung di solosoloku.com Jangan lupa Like dan Share ya .

Sumber Link