Inilah 10 Keunikan yang Membuat Indonesia Terkenal di Dunia

Inilah 10 Keunikan yang Membuat Indonesia Terkenal di Dunia

88
SHARE

Indonesia sudah sejak lama dikenal oleh dunia internasional. Sebenarnya ada banyak hal membanggakan dari negeri ini, yang membuatnya disegani oleh negara-negara asing. Namun, hanya sedikit anak bangsa yang menyadarinya, sehingga membuatnya mereka picik dengan bangsa sendiri. Berikut ini 10 keunikan yang membuat Indonesia terkenal di dunia.


10Sudah ada sejak zaman purba

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa Indonesia sudah ada sejak zaman purba. Salah satunya dengan ditemukannya fosil manusia purba dengan nama Latin, ‘Pithecantropus Erectus’. Bayangkanya saja, menurut hasil penelitian manusia purba tersebut diperkirakan hidup pada 1,8 juta tahun yang lalu. Namun, tentu saja nama Indonesia waktu itu belum ada.


9Kaya tradisi kesenian dan kebudayaan

Satu hal yang membuat para turis asing penasaran ingin datang ke Indonesia dan kemudian merasa betah tinggal di Tanah Air, karena bangsa ini memiliki banyak sekali tradisi kesenian dan kebudayaan. Sebut saja, mulai dari Festival Lembah Baliem di Papua, Karnaval Batik Solo di Solo, Festival Pasola di Sumba, Nusa Tenggara Timur, hingga Pacu Jawi di Sumatera Barat.


8Binatang langka di dunia

Komodo adalah salah satu yang membuat Indonesia semakin dikenal di level internasional. Pasalnya, binatang langka tersebut merupakan hewan purba yang masih hidup, dan hanya ada di Indonesia. Binatang ini pun hanya hidup di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Hingga saat ini, keberadaan komodo telah mengundang banyak turis asing ke Indonesia.


7Bunga terbesar di dunia

Tak hanya punya fauna langka, Indonesia rupanya juga memiliki flora unik yang hanya ada di Indonesia. Adalah bunga Raflesia Arnoldi yang menjadi bunga terbesar di dunia. Bunga ini tumbuh di Pulau Sumatera, tepatnya di Bengkulu. Bayangkan saja, diameternya mencapai satu meter. Selain itu, di sana juga ada bunga unik lain, yakni bunga tujuh rupa tujuh warna.


6Tambang emas terbesar di dunia

Indonesia pun ternyata juga memiliki tambang emas terbesar di dunia. Tepatnya di Papua, yang dari awal ditemukan hingga saat ini dikelola oleh PT Freeport. Sayangnya, selama ini keuntungan dari tambang emas tersebut lebih banyak dikuasai oleh Amerika Serikat melalui perusahaan tersebut, sedangkan Indonesia sendiri hanya mendapatkan sedikit keuntungan.


5Aktifitas media sosial tertinggi di dunia

Pada 2008, pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia mencapai 645 persen. Meski pun masih tergolong negara berkembang, ternyata pengguna media sosial di negeri ini sangat tinggi. Bahkan hingga kini, aktifitas akun media sosial dari Indonesia masih jadi yang tertinggi di dunia, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan Path, termasuk juga di era Friendster.


4Suku bangsa dan bahasa terbanyak di dunia

Tercatat ada 740 suku bangsa dan 583 dialek bahasa dari 67 bahasa induk di Indonesia. Tak banyak orang yang menyangka bahwa bangsa ini memiliki suku bangsa dan bahasa yang paling banyak di dunia. Namun sayangnya, anak-anak muda Indonesia zaman sekarang sudah tak banyak lagi yang bangga dengan suku bangsa dan bahasa daerahnya sendiri.


3Pulau terbanyak di dunia

Tak hanya punya kesenian dan kebudayaan, serta suku bangsa dan bahasa terbanyak di dunia, ternyata Indonesia juga menjadi negara dengan pulau terbanyak di dunia. Bayangkan saja, ada 17.504 pula di seluruh Nusantara, termasuk juga lima pula besar, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Dari semua, ada 6.000 pulau yang tak berpenghuni.


2Negara maritim terbesar di dunia

Indonesia punya luas perairan mencapai 93.000 km2 dengan panjang pantai 81.000 km. Tidak salah jika Indonesia dikenal sebagai negara maritim terbesar di dunia sampai saat ini. Sayangnya, hasil laut negeri ini belum mampu mengangkat derajat para nelayan. Hanya saja, 18 persen terumbu karang dunia yang ada Indonesia bisa menarik kunjungan wisatawan.


1Umat Muslim terbesar di dunia

Inilah yang membuat Indonesia sampai kini sangat disegani dunia internasional, termasuk Amerika dan negara-negara Eropa. Pasalnya, Indonesia memiliki umat Islam yang terbanyak di dunia. Ada sekitar 216 juta jiwa umat Muslim, atau sekitar 88 persen dari total penduduk Indonesia. Makanya, jumlah jamaah haji dari Indonesia pun jadi yang terbanyak di dunia.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Semoga artikel tentang Inilah 10 Keunikan yang Membuat Indonesia Terkenal di Dunia ini dapat memberikan manfaat ataupun menambah wawasan anda.

Terima kasih sudah berkunjung di solosoloku.com Jangan lupa Like dan Share ya .

Sumber Link