5 Fungsi Gua yang Unik dan Aneh di Dunia

5 Fungsi Gua yang Unik dan Aneh di Dunia

93
SHARE


Gua merupakan terowongan yang terbentuk secara alami, bisa disebabkan oleh erosi, abrasi dan fenomena alam lainnya. Namun ada juga gua yang sengaja dibuat oleh manusia untuk sebuah kepentingan misalnya sebagai tempat persembunyian di saat perang atau konflik, ataupun untuk kegiatan lainnya yang dilakukan di dalam perut bumi seperti industri pertambangan. Di bumi banyak sekali gua dengan keindahan dan keunikannya, di era modern gua yang menjadi kawasan wisata. Akan tetapi di belahan bumi lainnya gua pun memilik fungsi yang unik. Berikut dikutip dari unikgaul.com.

 

1. Gua Ayala Menjadi Diskotik

Seperti ingin melupakan kepenatan dan mencari kegembiraan, Gua Ayala yang terdapat di Kota Trinidad, berubah menjadi tempat berkumpulnya para kawula di Kuba untuk berdisko ria. Uniknya kondisi alami gua tidak diubah, bahkan stalaktit masih dibiarkan menggantung. Sementara ornamen dan kursinya pun terbuat dari bebatuan, semuanya terlihat indah di bawah gemerlap lampu disko dan musik khas Kuba.

 

2. Gua Khao Luang Menjadi Kuil

Khao Luang bukanlah satu-satunya gua indah dan eksotis yang dimiliki oleh masyarakat Negeri Gajah Putih, selain fungsinya yang unik. Gua Khao Luang merupakan sebuah gua yang digunakan masyarakat di Provinsi Phetcaburi sebagai tempat beribadah, khususnya penganut agama Budha. Layaknya kuil atau vihara, di dalam Gua Khao Luang pun terdapat 170 patung Budha yang dibuat di era pemerintahan Raja Chulalongkon.

 

3. Gua Cappadocia Menjadi Hotel

Sementara di Negeri Sufi, Turki, Gua yang terbuat dari proses alami di Gunung Erciyas dan Hasan 10 juta tahun yang lalu, berubah menjadi sebuah hotel yang indah. Kawasan yang juga dikenal dengan sebuan “Cerobong Peri” ini terbentuk akibat erosi, diukir oleh angin dan hujan. Cappadocia merupakan sebuah kawasan bernilai sejarah tinggi di Turki, selain memiliki keunikan geologi. Di Cappadocia inilah sebuah kota bawah tanah berdiri, gereja dan hotel.

Warna lapisan hotel Gua Cappadocia cukup beragam mulai dari merah, kuning keemasan, hijau dan abu-abu. Di era Kekaisaran Romawi, Goa Cappadocia merupakan sebuah gereja. Hingga saat ini masih terdapat lukisan-lukisan khas agama kristen di beberapa dinding hotel.Masih di kawasan Cappadocia, terdapat sebuah hotel gua yang indah lainnya yakni, Hotel Gamisaru.

 

4. Gua Dongzhong Menjadi Sekolah

Di kawasan barat daya Cina, tepatnya di Provinsi Guzhou terdapat sebuah gua dengan fungsi unik dan luar biasa. Gua yang terbuat dari proses alami selama ribuan tahun lalu oleh angin, air, dan gerakan bumi, ini berfungsi sebagai sebuah sekolah yang lengkap dengan fasilitas olahraga, kelas dan bangunan kecil lainnya.

 

5. Gua Arras Menjadi Kota Rahasia Perang Dunia I

Gua dengan fungsi unik yang satu ini terdapat di kawasan utara Perancis, tepatnya di Kota Arras. Gua Arras di era Perang Dunia I memiliki fungsi yang unik dan penting bagi pemerintah Perancis, di dalamnya terdapat bangunan rumah yang menampung 25.000 tentara. Tepat di bawah permukaan musuh pula, hunian para tentara Perancis ini dilengkapi dengan gereja, kantin, rel kereta api kecil dan rumah sakit.

“Kota Rahasia” ala Perancis ini dibangun pada tahun 1916 setelah peristiwa Pembantaian Somme, ketika pasukan Inggris berusaha merebut wilayah Arras. Banyak yang menyebut bahwa “Kota Rahasia Arras” merupakan salah satu simbol Perang Dunia I yang luar biasa: kecerdasaan, kesia-siaan, keteguhan, kekuasaan dan sekaligus kegelapan.

 

Republished by Blog Post Promoter

Semoga artikel tentang 5 Fungsi Gua yang Unik dan Aneh di Dunia ini dapat memberikan manfaat ataupun menambah wawasan anda.

Terima kasih sudah berkunjung di solosoloku.com Jangan lupa Like dan Share ya .

Sumber Link