6 Kronologis Dibakarnya Vihara dan Klenteng di Tanjung Balai

6 Kronologis Dibakarnya Vihara dan Klenteng di Tanjung Balai

323
SHARE

Kronologis Terbakarnya Vihara dan Klenteng di Tanjung Balai  – Bukah hanya tujuh tempat Ibadah, melainkan terdapat delapan rumah ibadah dibakar malam pukul 20.00 – 23.00,Tanjung Balai, Sumatera Utara . Dilansir dari news.okezone.com dan bbc.com (Sabtu, 30 Juli 2016 )

kronologis-dibakarnya-vihara-tanjung-balai
image source

Berikut kronologis terbakarnya rumah ibadah di tanjung balai:

1. Dipicu dari sikap tidak toleran salah satu warga bernama Meliana, seorang perempuan Tionghoa berusia 41 tahun. Meminta supaya pengurus mesjid Al-Maksum di dekat rumahnya untuk mengecilkan volume pengeras suaranya. Dia menganggap, “soundnya tidak seperti biasanya dan akhirnya melakukan aksi protes”. Ujarnya

2. Sekitar pukul 20.00 setelah Shalat Isya, Jemaah beserta pengurus mesjid langsung mendatangi rumah Meliana (41) untuk membicarakan aksi protes Meliana.

3. Karena suasana di rumah Meliana memanas, akhirnya kepala lingkungan setempat membawa Meliana beserta suaminya ke kantor Lurah dan kemudian di serahkan ke Polsek Tanjung Balai Selatan.

4. Beberapa warga yang masih tidak terima, akhirnya memprovokasi dengan sebuah postingan ke netizen untuk menyebutkan tentang sikap protes aktivitas agama tersebut.

5. Massa yang terprovokasi pun merambat dan semakin banyak berkumpul, berniat untuk membakar rumah Meliana, namun di hadang oleh warga sekitar. Karena semakin sesal,ratusan massa bergerak menuju Vihara Juanda berlokasi 500 meter dari rumah Meliana.

6. Massa dengan cepatnya melakukan aksi pembakaran di Vihara Juanda yang akhirnya merambat ke vihara lain yang jaraknya berdekatan.

Akibat dari aksi pembakaran tersebut, delapan vihara dilaporkan dirusak warga.

loading...